Wednesday, March 15, 2017

Bahaya Minum Teh Panas Bagi Kesehatan

Bahaya Minum Teh Panas Bagi Kesehatan

Bahaya Minum Teh Panas Bagi Kesehatan - Hasil penelitian terbaru yang dilakukan oleh peneliti Iran menyatakan, bahwa meminum teh dalam kondisi masih panas bisa menimbulkan kanker tenggorokan.


Pada hasil riset terdahulu, dalam British Medical Journal dikemukakan bahwa minuman panas memiliki potesnsi timbulkan tumor. Meminum teh panas dengan temperatur diatas 70°C sama dengan tingkatkan risiko kanker tenggorokan 8x lipat lebih besar bila dibandingkan anda meminumnya dalam kondisi hangat, yaitu dibawah 65°C.

Reza Malekzadeh bersama timnya dari Tehran University melakukan penelitian kebiasaan minum teh panas, dan hasil menunjukkan bahwa 300 orang telah didiagnosa menderita kanker tenggorokan, sedangkan 571 orang lainnya dalam kondisi sehat. Mereka semua berasal dari daerah yang sama yaitu di Provinsi Golestan, Iran Utara.

Malekzadeh menjadikan daerah ini sebagai sampel dari penelitian karena Golestan adalah salah satu daerah dengan tingkat kanker tenggorokan tertinggi didunia. Akan tetapi sebaliknya tingkat kebiasaan minum alkohol dan merokok didaerah ini sangat rendah. Perlu untuk anda ketahui, daerah ini hampir semua penduduknya mengonsumsi teh hitam secara rutin, sebanyak 1 liter tiap harinya.

Hasilnya, mereka yang rutin mengonsumsi teh kurang dari 2 menit setelah dituangkan, berisiko memicu pertumbuhan sel kanker lebih cepat bila dibandingkan dengan mereka yang menunggu 4 menit atau lebih. Belum ada keterangan yang pasti seberapa panas suhu teh yang dapat menyebabkan kanker, tapi peneliti menyimpulkan jika luka akibat panas dari teh akan menimbulkan iritasi tenggorokan.

Dibandingkan dengan meminum teh hangat atau suam kuku pada temperatur dalam temperatur 65°C atau kurang, meminum teh panas antara 65°C dan 68°C berhubungan dengan 2x lipat risiko kanker tenggorokan sementara meminum teh yang sangat panas dalam temperatur 70°C atau lebih berhubungan dengan 8x lipat risiko kanker tenggorokan.
Meminum teh panas dengan temperatur diatas 70°C sama dengan tingkatkan risiko kanker tenggorokan 8x lipat lebih besar bila dibandingkan mereka yang meminumnya dalam kondisi hangat, yaitu dibawah 65°C
Dampak Kanker tenggorokan cukup menakutkan. Tercatat di setiap tahunnya lebih dari 500.000 orang di dunia meninggal akibat penyakit ini. Penyakit ini tumbuh subur, terlebih didaerah Amerika Selatan, Afrika, dan Asia. Kanker ini tergolong penyakit yang mematikan, dengan rata-rata kesembuhan sekitar 12-31% itu pun memerlukan waktu yang sangat lama, yaitu sekitar 5 tahun.

Hasil riset memperlihatkan peningkatan kuat risiko OSCC yang berkaitan dengan meminum teh panas atau lebih dari panas' Mereka menyarankan orang harus menunggu beberapa menit sebelum minum secangkir teh yang baru diseduh dengan air mendidih.

Dari penelitian tersebut bisa disimpulkan bahwa mengonsumsi minuman dalam kondisi panas sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Terlebih dengan makanan yang panas pula. Ada baiknya teh atau minuman lainnya diminum dalam kondisi yang hangat.

Bahaya Minum Teh Panas Bagi Kesehatan

No comments:

Post a Comment