Wednesday, March 15, 2017

Luar Biasa, Inilah Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Luar Biasa, Inilah Manfaat Wortel Bagi Kesehatan - Semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan sayuran yang mempunyai warna orange ini. Sayuran yang diperkaya akan kandungan vitamin yang sangat baik untuk mata. Akan tetapi, ternyata manfaat wortel bagi kesehatan sangat luas. Selain bisa menyehatkan jantung dan hati anda, wortel juga bisa membuat anda lebih positif. Lebih lengkapnya simak di bawah ini, Inilah Manfaat Wortel Bagi Kesehatan.

Luar Biasa, Inilah Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

  • Kulit tampak lebih sehat dan halus
Kandungan vitamin A yang tinggi dalam wortel bisa membantu anda mewujudkan kulit sehat dan halus yang selalu anda impikan. Biasanya vitamin A digunakan untuk mengatasi kulit bermasalah seperti jerawat, psoriasis, eksim,luka bakar bahkan sengatan matahari. Kulit kasar dan kering merupakan ciri umum bahwa anda tidak mendapatkan cukup vitamin A. Sebuah riset yang diterbitkan dalam Journal of Evolution and Human Behavior menunjukan bahwa mengonsumsi makanan yang sehat seperti tomat dan wortel bisa memberikan kulit yang sehat dan bersinar.
  • Menghambat pertumbuhan sel kanker
Salah satu manfaatnya yang sangat luar biasa yaitu kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan sel kanker. Menurut American Institute for Cancer Research, wortel yang mengandung antioksidan beta-karoten didalamnya yang mampu melindungi membran sel dari stres oksidatif dan mencegah pertumbuhan sel kanker. Antioksidan yang terkandung didalam wortel juga diyakini dapat membantu menangkal kanker kerongkongan, kanker mulut, kanker serviks dan kanker lambung.
  • Menjaga kesehatan jantung
Manfaat wortel selanjutnya yaitu membuat jantung sehat dan menjaganya agar tetap sehat. Kita tahu betul jika berolahraga dan diet seimbang dengan banyak sayur dan buah merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung. Akan tetapi, wortel bisa memainkan peranan yang sangat penting dalam mencegah penyakit jantung koroner. Sebuah riset menemukan jika asupan tinggi buah-buahan dan sayuran, terlebih wortel, bisa melindungi seseorang dari penyakit jantung koroner. Teratur mengonsumsi wortel (bersamaan dengan sayuran hijau dan ikan) juga sudah dikaitkan dengan rendahnya risiko serangan jantung pada wanita.
  • Mengurangi peradangan
Peradangan adalah keadaan yang sangat destruktif di mana hal ini menjadi penyebab utama kematian di Amerika Serikat. Peradangan diduga merupakan akar penyebab penyakit jantung, alzheimer, arthritis dan kanker. Salah satu cara agar tubuh terhindar dari peradangan yaitu dengan diet. Diet merupakan cara utama untuk menangkal peradangan dalam tubuh dan membantu melindungi diri dari penyakit penyakit jahat.

Wortel adalah makanan antiinflamasi yang hebat, sebab vitamin A adlah salah satu vitamin yang mempunyai efek antiinflamasi paling kuat. Kurangnya vitamin A sudah dikaitkan dengan peradangan pada paru-paru, kulit dan usus. Melengkapi diet anda dengan vitamin A sudahditemukan membantu beberapa keadaan peradangan, seperti jerawat, keadaan paru-paru yang disebut sebagai broncho-pulmonary dysplasia serta beberapa bentuk kanker. Hebatnya, ekstrak wortel memberikan khasiat antiinflamasi yang sama dengan obat antiinflamasi seperti Ibuprofen, Celebrex, Aspirin dan Naproxen.
  • Melindungi Hati Anda
Antioksidan yang terkandung dalam wortel juga mampu menjaga kesehatan hati. Serat yang terkandung dalam wortel dapat tingkatkan sekresi empedu dari hati yang membantu menghambat penyakit hati dan kantung empedu, serta memastikan jika hati tidak terbebani. Jane Clarke, seorang ahli gizi, telah merekomendasikan jus wortel sebagai tonik hati yang sangat efektif. Akan tetapi, perlu diingat, pada saat anda mengonsumsi makanan anda sebagai jus, anda bisa kehilangan serat diet yang sangat berharga dalam sayuran.
  • Menjadi Optimis
Hasil riset yang dilakukan oleh Harvad School of Public Health menemukan jika orang yang menilai diri mereka sebagai seseorang yang optimis mempunyai kadar karotenoid dalam darah mereka 13 persen lebih tinggi dibanding mereka yang menilai diri mereka sebagai orangyang pesimis.

Akan tetapi, para pakar tidak yakin persis bagaimana optimisme dan karotenoud terkait. Mungkin orang yang lebih optimis secara alami mengikuti gaya hidup sehat, kaya sayur dan buah-buahan. Apapun suasana hati anda, mengonsumsi lebih wortel dan makananan kaya karotenoid lainnya seperti kale, bayam dan kentang manis untuk diet akan sangat lebih baik. Selain tingkatkan kesehatan mental, ekstrak wortel sudah ditemukan dapat tingkatkan memoru dan mengendalikan disfungsi kognitif.

Itulah beberapa manfaat luar biasa wortel bagi kesehatan tubuh. Pastikan anda membeli wortel organik. Meskipun mungkin harganya akan sedikit lebih mahal, namun akan jauh lebih bernilai. Semoga bermanfaat.

Luar Biasa, Inilah Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

No comments:

Post a Comment