Wednesday, April 12, 2017

Ini Dia Tips Menerapkan Pola Hidup Sehat pada Anak

Ini Dia Tips Menerapkan Pola Hidup Sehat pada Anak - Gaya hidup sehat adalah salah satu hal yang sangat penting bagi setiap orang tak terkecuali anak-anak. Dengan menerapkan gaya hidup sehat pada anak maka akan terhindar dari kemungkinan terkena penyakit yang mengancam tubuh. Selain itu, penerapan pola hidup yang sehat juga akan sangat berguna untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh yang akan berdampak terhadap kualitas hidup anak.


Pada usia anak-anak, sistem imun atau sistem kekebalan tubuh yang baik memang akan berpengaruh terhadap proses tumbuh kembang secara fisik dan mental. Agar anak mempunyai sistem kekebalan tubuh yang baik, sebaiknya mulai menerapkan pola hidup sejak dini pada anak. Mungkin bagi sebagian orang ini menjadi hal yang sulit. Karena, tidak semua anak bisa mengerti secara langsung apa yang di aplikasikan orangtuanya.

Nah, bagi anda yang merasa bingung sebaiknya tidak perlu khawatir. Karena, pada postingan kali ini kami akan membahas beberapa tips yang bisa anda coba agar anak bisa menerapkan pola hidup sehat yang seperti anda inginkan. Ketahui lebih lengkap, simak artikel ini sampai tuntas!

Berikut Ini adalah Beberapa Tips Menerapkan Pola Hidup Sehat pada Anak :


  • Perhatikan Asupan Makanan
Untuk menjaga kesehatan dan menunjang tumbuh kembang anak, sebaiknya sebagai orang tua anda memberikan asupan makanan yang mengandung gizi seimbang. Nutrisi yang dibutuhkan seperti protein, lemak, mineral dan karbohidrat. Setiap makanan yang akan Anda berikan untuk anak sebaiknya berasal dari bahan alami dan terbukti higienis. Selain itu, anda harus pandai dalam memvariasikan makanan sehingga si kecil tidak mudah bosan.
  • Penerapan Pola Hidup Bersih
Agar kesehatan anka terjaga dan terhindar dari bahaya infeksi penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Maka, sebaiknya anda mulai menerapkan pola hidup bersih pada ank. Salah satu contohnya yaitu dengan mengajarkan anak agar selalu mencuci tangan setelah bermain, buang air dan sebelum menyentuh makanan. Pola hidup sehat seperti ini sudah sewajarnya di terapkan pada anak yang masih balita.
  • Istirahat
Biasakan dan jadwalkan waktu istirahat yang cukup untuk anak dalam setiap harinya. Anak-anak membutuhkan waktu untuk tidur selama 8 jam per hari. Selain itu, usahakan agar anak mempunyai waktu untuk tidur siang selama 1-2 jam dalam setiap harinya. Karena, waktu istirahat yang cukup sangat berguna untuk mengembalikan stamina dan mengembalikan fungsi sel-sel tubuh setelah beraktivitas. Jika wakti istirahat anak berkurang atau tidak cukup, maka sistem imunitas tubuh anak akan menurun.
  • Olahraga
Untuk menjaga kebugaran dan kesehatan anak, maka biasakan untuk mengajak anak berolahraga. Manfaat olahraga sudah jelas banyak untuk kesehatan tubuh. Anda bisa membiasakan olahraga pada anak minimal 30 menit dan dilakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu. Jika anda membiasakan hal seperti ini sejak dini, maka pada saat menginjak usia dewasa anak menjadi terbiasa dengan pola hidup sehat.
  • Ciptakan Lingkungan Sehat
Bukan hanya pola makan dan kebiasaan saja yang mempengaruhi kesehatan. Tetapi, kondisi lingkungan juga dapat mempengaruhi kesehatan dan kondisi kekebalan tubuh anak. Lingkungan yang kotor dan tidak terawat tentu akan menyebabkan mudahnya bakteri dan virus bersarang. Selain itu, kebersihan lingkungan di dalam rumah juga menjadi poin penting untuk kesehatan anak. Usahakan supaya Anda rutin untuk membersihkan kamar anak, dan membiasakan anda untuk menjaga sekitar rumah agar tetap bersih.

Itulah beberapa tips yang bisa anda coba untuk menerapkan pola hidup sehat pada anak. Selamat mencoba, semoga berhasil dan semoga artikel yang kami berikan kali ini dapat membantu anda. Jangan lupa share artikel ini ya. Agar lebih banyak anak yang terjamin kesehatannya.

Post by : Sehat Jasmani dan Rohani

No comments:

Post a Comment